Penyebab penyakit batu empedu

Bagi anda yang sering merasakan sakit perut seperti gejala maag dan itu berkelanjutan atau sakitnya melebihi dari biasanya, maka hati-hati. Boleh jadi anda sedang terserang penyakit batu empedu. Rasa sakitnya hampir mirip dengan sakit maag. Bedanya jika maag sakitnya perlahan dan terus menerus semakin sakit namun kalau batu empedu sakitnya mendadak dan terkadang hilang mendadak. Namun begitu rasa sakit batu empedu lebih hebat dari sakit maag. Apa itu batu empedu dan apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

Batu empedu adalah timbunan satu atau lebih batu kecil di kandung empedu. Bila batu empedu berada di kandung empedu, kondisinya disebut kolelitiasis, bila di saluran empedu disebut koledokolitiasis.
Ada beberapa macam penyebab terbentuknya batu empedu. Penyebab yang pertama adalah penyebab yang sering diderita orang di Asia, yaitu disebabkan oleh infeksi di saluran pencernaan. Kuman penyebab infeksi ini biasanya berada di dalam usus, namun ia mampu bergerak dan dapat memasuki saluran empedu dan bertamu kedalam kandung empedu. Bukan itu saja, di dalam kandung empedu kuman tersebut membuat perubahan komposisi cairan dan keseimbangan di dalam kandung empedu demi kenyamanan dan kelangsungan hidupnya. Perubahan komposisi ini membentuk suatu bentuk inti baru, lalu secara perlahan menebal dan mengkristal. Proses ini dapat berlangsung lama, bisa bertahun-tahun dan akhirnya terbentuklah batu empedu. Konstruksi bangunan batu empedu hasil infeksi ini berupa pigmen birubilin dan garam empedu.
Penyebab yang kedua adalah bagi mereka yang kelebihan kolesterol karena terlalu hoby makan makanan yang berlemak, berpengawet, fast food (makanan cepat saji). Berbeda dengan makanan jenis lain, makanan berpengawet memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna, sehingga ia akan tinggal lebih lama di dalam saluran pencernaan. Sehingga kolesterol yang terkandung dalam makanan berpengawet tersebut akan menumpuk dan menunggu giliran dicerna oleh usus. Jika kandungan kolesterol berlebih, ia akan mengendap di saluran pencernaan termasuk di dalam kandung empedu. Jika proses itu terjadi terus-menerus, kolesterol tersebut berkolaborasi dengan cairan empedu dan akan mengkristal di dalam kandung empedu dan jadilah batu empedu.

Demikian sekilas mengenai definisi dan penyebab terjadinya penyakit batu empedu. Mari kita lebih berhati-hati dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Jangan sampai kita mudah lalai sehingga mudah terinfeksi kuman penyebab batu empedu dan juga menahan diri untuk tidak berlebihan mengkonsumsi kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit ini. Semoga bermanfaat.
Dari berbagai sumber
 

CURCUVAL DP

PEMBAYARAN

PEMBAYARAN

PENGIRIMAN

PENGIRIMAN
ObatTumorAsamUrat.com. Diberdayakan oleh Blogger.