Makanan penyebab batu empedu

Makanan penyebab batu empedu

Makanan penyebab batu empedu - Batu empedu menyerang hampir mayoritas penduduk di Indonesia. Mereka kebanyakan mengira bahwa meereka terserang penyakit maag. Namun ternyata mereka mengidap penyakit batu empedu. Hal ini sering dianggap sepele. Masyarakat Indonesia yang gemar makan makanan yang bervariasi terkadang kurang selektif memilih jenis makanan yang baik bagi tubuh mereka. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membedah makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita batu empedu.

Berikut jenis - jenis nya :

1. Telur. Makanan ini mengandung kolesterol yang tinggi. Apabila mengkonsumsi teralu berlebih maka akan memicu sensivitas kantong empedu. Kolesterol ini juga berbahaya bagi orang yang alergi sehingga dapat menyebabkan radang kantong empedu. Boleh mengkonsumsi telur tetapi jumlah dan porsinya disesuaikan dengan kebutuhan.
2. Daging. Daging adalah salah satu makanan yang sangat banyak mengandung lemak. Lemak ini jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan iritasi pada batu empedu. Oleh karena itu apabila menghendaki mengkonsumsi daging maka hilangkanlah kulit sert lemak dalam daging tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi.
3. Gorengan. Makanan - makanan yang digoreng juga rentan menimbulkan masalah batu empedu. Kandungan minyak jenuh yang tinggi akan membantu rasa sakit pada batu empedu anda. Maka jika anda terkena batu empedu hindari atau kurangi konsumsi gorengan terutama yang mengandung minyak jenuh.

Masih banyak makanan - makanan yang dilarang dikonsumsi / sebaiknya dihindari agar tidak memperparah sakit batu empedu.

Semoga bermanfaat.

dari berbagai sumber