Apa gejalanya jika kita terkena HNP?

Apa gejalanya jika kita terkena HNP?

Orang yang terkena penyakit HNP ditandai dengan nyeri yang bersifat menusuk tajam seperti pada sakit gigi. Letaknya ada di bagian bawah pinggang yang menjalar ke lipatan bokong, tepat di pertengahan garis tersebut. Dari titik tersebut sampai lipatan terasa ngilu sementara dari lutut menuju jari kaki ke 4 atau 5 penderita akan merasakan seperti kurang enak atau kesemutan. Nyeri tersebut umumnya terjadi pada sebelah kaki. 

Kemudian dari nyeri akan berdampak pada kekakuan otot yang mengakibatkan penampakan struktur & tungkai yang terkena menjadi tidak sama dengan yang sehat di sebelahnya. Sebagai gejala selanjutnya gerakan pada arah tertentu menjadi sangat terbatas. Tidak mampu memobilisasi tubuh secara normal.  

Jika anda mengalami gejala - gejal di atas ada baiknya segera bawa ke dokter. Selain pemeriksaan fisik & riwayat penyakit, pemeriksaan penunjang seperti foto tulang belakang (spine x-ray), CT Scan atau  pemeriksaan yang menjanjikan hasill yang informatif lagi yaitu MRI (Magnetic Resonanca Imaging). 

Dari berbagai sumber