Cara mencegah penyakit batu empedu

Penyakit batu empedu merupakan salah satu penyakit yang bisa diobati. Meskipun pengangkatan kantung empedu banyak mengalami keberhasilan yaitu 10% saja yang mengalami kegagalan. Namun anda tidak boleh memandang sebelah mata akan penyakit ini. Apalagi anda kemudia masa bodoh terhadap penyakit ini. Jadi sebaiknya kita tolak penyakit ini sebelum ia datang menghampiri kita.

Berikut beberapa hal pencegahan yang dapat kita lakukan agar batu empedu tidak menghampiri kita. Diantaranya adalah :

Latihan kardiovaskular
Penelitian dari Harvard University yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine memonitor lebih dari 45.000 pria dan menemukan bahwa sepertiga dari kasus-kasus batu empedu dapat dicegah dengan 30 menit latihan kardiovaskular –dari lari hingga ke jalan cepat– lima kali seminggu. Anda bisa melakukan latihan kardio selama setengah jam di pagi hari sebelum Anda mulai melakukan aktivitas lainnya seperti berangkat ke kantor. 

Perbanyak konsumsi serat dan vitamin C
Anda juga bisa menambah proteksi tubuh dengan mengonsumsi oatmeal dan jus jeruk saat sarapan.  Penelitian menemukan bahwa serat dapat larut oatmeal merupakan salah satu sumber yang kaya akan serat dan juga vitamin C yang dapat mencegah munculnya batu empedu dalam tubuh kita. Jika anda menginginkan hasil yang lebih optimal gantilah jus jeruk dengan konsentrat beku. Berdasar penelitian konsentrat beku memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari pada jus jeruk biasa.

Hindari makanan yang berlemak
Kacang - kacangan dan kopi adalah makanan pengganti yang tidak banyak mengandung lemak. Sebisa mungkin anda konsumsi makanan sejenis ini agar konsumsi lemak menurun. 
Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terhadap perkembangan batu empedu. Penelitian yang melibatkan 46.000 pria tersebut menemukan bahwa mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari telah dapat mengurangi risiko terhadap perkembangan batu empedu mencapai angka 40%. 

Dari berbagai sumber


 

CURCUVAL DP

PEMBAYARAN

PEMBAYARAN

PENGIRIMAN

PENGIRIMAN
ObatTumorAsamUrat.com. Diberdayakan oleh Blogger.