Cara mengatasi asam urat karena ketidakseimbangan hormon

Cara mengatasi asam urat karena ketidakseimbangan hormon

Cara mengatasi asam urat karena ketidakseimbangan hormon - Salah satu penyebab penyakit asam urat adalah dikarenakan adanya faktor ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh kita. 
Sebelumnya, Anda harus tahu dulu apa itu hormon?. Hormon adalah pembawa pesan secara kimiawi antar sel atau kelompok sel. Dia beredar mengikuti aliran darah dan cairan sel untuk mencari cel target. Setelah dia menemukan apa yang dia cari, dia akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal.  
Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.

Jika hormon dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan maka sistem kerja tubuh juga akan terganggu. Seperti sistem kerja kelenjar, sistem kerja organ, sistem kerja jaringan cel, bahkan sistem kerja sel itu sendiri. Ketidakseimbangan hormon akan mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh baik meningkat jumlahnya melebihi batas normal atau menurun di bawah batas normal.  Apabila terjadi proses pembentukankan purin jauh melibihi yang dibutuhkan tubuh, maka tubuh akan sangat potensial untuk terserang penyakit asam urat.

Ketidakseimbangan hormon dipengaruhi oleh beberpa hal diantaranya :
1. Emosi labil
2. Pola hidup yang tidak sehat
3. Terkena radikal bebas 
4. Adanya penumpukan racun di dalam tubuh 

Bagaimana cara mengatasi penyakit asam urat akibat ketidakseimbangan hormon. Ini dia langkah - langkahnya :

1. Selalu berfikir positif di manapun dan kapanpun
2. Mengendalikan emosi dan sabar menghadapi konflik dengan orang lain
3. Terapkan pola hidup yang sehat
4 Seimbangkan masa aktif dan masa rehat. Masing - masing ada porsinya
5. Konsumsi tanaman yang mengandung kurkumin. Klik di sini.

Dari berbagai sumber