Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi - Berikut ini adalah beberapa hal penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh :  

Pola Makan tidak sehat dan seimbang  
Misalnya terlalu banyak konsumsi jeroan,lemak, keju, gorengan dsb. 

Merokok
Salah satu bahaya rokok adalah dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dikarenakan rokok menurunkan kadar HDL / lemak baik dalam tubuh. Pelan tapi pasti. Maka hindarilah rokok dan hindari perokok. 

Kegemukan / Obesitas
Sebagian besar penderita kolesterol adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. Di dalam tubuh mereka terdapat penumpukan lemak yang banyak. Sehingga meningkatkan trigliserida yang dapat menurunkan kadar HDL dalam tubuh.  Lakukanlah program diet. Dan atur pola makan anda. Agar berat badan anda turun secara perlahan.  

Tingkat Aktifitas Fisik  
Orang yang memiliki banyak akifitas tiap harinya akan lebih sehat dibanding orang yang aktifitas fisiknya rendah. Ini dikarenakan aktifitas fisik mampu membakar lemak LDL/lemak jahat dan kadar lemak HDL pun meningkat. Maka jangan lah jadi orang yang bermalas-malasan. 

Faktor Genetis/keturunan  
Ini adalah kolesterol yang diderita karena bawaan alias keturunan. Orang yang punya riwayat keluarga terkena kolesterol maka dia rentan terkena kolesterol juga.  

Jenis Kelamin dan usia
Jenis kelamin dan usia menentukan penyebab kolesterol tinggi. Pada umumnya pria berusia 40 tahun ke atas lebih rentan terkena kolesterol. Adapun wanita mereka yang sudah memasuki tahap menopause. 

Dari berbagai sumber