Penyebab sakit Maag

Penyebab sakit Maag

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada bakteri jahat yang menyebabkan maag. Padahal mayoritas manusia menderita maag dikarenakan oleh gaya hidup yang kurang baik. Gaya hidup yang tidak baik akan menyebabkan banyak penyakit salah satunya maag.

Lambung kita terkadang secara tiba-tiba saja menjadi nyeri. Nyeri tersebut tanpa diduga sebelumnya. Biasanya karena kita telah melanggar beberapa hal yang wajib dihindari agar penyakit maag tidak muncul. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dihindari agar kita terbebas dari penyakit maag. Mari kita simak baik - baik.

Kopi, teh dan minumal berkafein
Gas di lambung dapat naik ke kerongkongan. Hal ini disebabkan karena kafein. Kafein ini mampu mengendurkan katup antara lambung dan tenggorokan/katup LES. Jadi hidarilah kafein ini.  

Cokelat
Cokelat juga mampu menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Karena kandungan teobromin yang ada di dalamnya. Teobromin ini mampu melemaskan otot katup antara lambung dan tenggorokan/LES.  

Makanan berminyak dan berlemak 
Makanan berminyak dan berlemak cenderung lambat untuk dicerna. Sehingga makanan - makanan tersebut berada dalam jangka waktu lama di dalam lambung. Sehingga muncul tekanan berlebih pada lambung. Sehingga katup melemah. Jika katup melemah maka asam lambung naik ke kerongkongan.  

Tomat
Tomat juga menyebabkan melemahnya katup antara lambung dan kerongkongan

Alkohol  
Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks atau berbaliknya asa lambung ke kerongkongan. Selain itu produksi asam lambung juga meningkat disebabkan oleh alkohol ini.  

Rokok  
Bahan - bahan kimia dalam rokok menyebabkan katup melemah. Hal ini terjadi ketika saat dia melewati paru - paru masuk ke dalam darah.  

Makan dalam jumlah besar  
Perut yang diisi makanan berlebih akan penuh sesak. Dan akan menimbulkan tekanan yang berlebih pada lambung. Sehingga memicu berbaliknya makanan ke kerongkongan.

Buah dan jus 
Buah dan jus buah asam akan memicu pelenturan katup LES

Makan antara 2 - 3 jam sebelum tidur 
Berbaring dalam keadaan perut penuh menyebabkan katup membuka dan akan menyebabkan asam lambung ke kerongkongan.  

Pakaian terlalu ketat
Pakaian yang terlalu ketat akan menekan perut. Begitu juga ikat pinggang yang terlalu kencang akan menekan perut. Tekanan ini akan menyebabkan katup membuka. 

Dari berbagai sumber