Cara mencegah kolesterol

Cara mencegah kolesterol

Banyak orang sudah faham bahwa kelebihan kolesterol itu berbahaya bagi tubuh bahkan bisa mematikan. Sudah tahu semua bahwa kolesterol tinggi akan menimbulkan penyakit stoke dan jantung koroner. Namun itu semua sebenarnya dapat dicegah. Sebisa mungkin lakukan upaya pencegahan jangka panjang agar hasilnya optimal. 

Inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari kolesterol tinggi penyebab stroke dan jantung koroner :

1.  Hindari makanan berkolesterol tinggi

    a. kuning telur
    b. otak sapi
    c. cumi cumi
    d. telur burung puyuh
    e. jeroan
    f. gajih
    g. kerang putih
    h. margarin
    i. kepiting dll

2. Perbanyak makan buah dan sayur
Dia mengandung serat, antioksidan, vitamin, mineral yang mampu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Usahakan agar tekanan darah selalu stabil
Tekanan darah tinggi menyebabkan pengerasan pembuluh arteri. Oleh karena itu pantau terus kondisi tekanan darah anda secara rutin.

4. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur
Olahraga rutin merupakan sarana perawatan jantung yang utama. Lakukanlah joggiing, jalan pagi, lari - lari kecil, bersepeda, berenang, memanah, berkuda dll

5. Hindari rokok
Rokok menjadikan sel - sel darah menggumpal dan menempel pada pembukuh darah. Rokok juga menyebabkan peningkatan jumlah HDL dalam darah. Orang yang merokok 20 batang/hari atau lebih memiliki 2x resiko terkena sakit jantung maupun stroke. 

6. Hindari stress berat
Stress yang berkepanjangan akan selalu mendorong orang melakukan hal - ha yang tidak baik seperti merokok, minuman keras, begadang dll. Maka hindarilah stress. Konsultasikan permasalahan anda pada psikolog atau teman dekat anda.

7. Hindari minuman beralkohol
Alkohol menyebabkan kerusakan hati, otak dan jantung. Bagi anda pecandu alkohol segera hentikan. Bagi anda yang belum pernah jangan sekali - kali mencoba. Fatal akibatnya.

Dari berbagai sumber