KANKER STADIUM 4 SEMBUH DENGAN KONSUMSI KUNIR PUTIH

Dalam masyarakat kunir putih lebih dikenal sebagai bahan penambah citarasa, padahal dari lebih sekedar itu, Dari kesederhanaan bentuk dan tampilannya, tersimpan khasiat yang sangat luar biasa. Salah satunya khasiat kunir putih yang sudah banyak durasakan oleh masyarakat luas, dapat digunakan sebagai media pengobatan baik penyakit berat maupun penyakit ringan.

Terdapat 3 jenis kunir putih yang dapat kita manfaatkan sebagai media pengobatan, seperti kunir putih jenis manggaval, zedoaria dan rotunda. Terlepas dari manfaat yang sangat luarbiasa dari tanaman satu ini, ternyata masih banyak masyarakat yang belom begitu paham tentang kandungan dan khasiatnya. Nah dalam artikel ini kita akan membahas lebih detail kandungan dan manfaat kunir putih, khususnya kunir putih jenis manggaval.

Salah satu keunggulan dari kunir putih jenis manggaval ini ialah sudah ada penelitian secara langsung yang dilakukan oleh Prof.Dr.Ir.Hj. Dwiyati Pujimulyani,M.P. terkait dengan kandungan dan khasiat dalam kunir putih ini, jadi secara klinis sudah terbukti.

Kunir putih jenis manggaval ini berbentuk bulat dan kulitnya dipenuhi semacam akar serabut halus , percabangan rimpangnya banyak serta rimpang utama yang bertekstur keras. ciri paling menonjol dari tanaman ini ialah daging buahnya yang beraroma seperti buah mangga masak.

Peran kunir dalam dunia medis memang sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Dalam dunia pengobatan, kunir putih jenis manggaval ini dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan yang berupa kurkuminoid dan polifenol. Kunir putih ini juga mengandung senyawa bioaktif seperti flafonoid dan glikosida. Antioksidan merupakan senyawa yang mempunyai kemampuan untuk menangkap radikal bebas, bahkan kuersetin mempunyai kemampuan menangkap radikal bebas hampir 3x dari glukosidanya (Pujimulyani,2010). Dalam kunir putih jenis manggaval ini juga mengandung zat kurkumin yang