Awas, stress bisa bikin sakit diabetes !

Awas, stress bisa bikin sakit diabetes !

Sampai sejauh ini banyak orang beranggapan bahwa gaya hidup tidak sehat, makan makanan yang tidak sehat, sering bermalas-malasan adalah hal yang menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit diabetes. Maka banyak sekali orang berusaha menjauhi hal-hal tersebut agar terhindar dari diabetes tetapi tanpa mengetahui bahwa ada faktor penyebab diabetes yang lebih berbahaya.  

Seorag pria di negara Inggris terdiagnosis menderita penyakit diabetes. Padahal dia telah menjalankan pola hidup sehat serta memiliki berat badan ideal. Namun setelah dicek dokter menyimpulkan bahwa penyebab utama diabetes pria tersebut adalah dikarenakan sering mengalami stres.  

"Setiap orang yang mengalami stres maka akan muncul reaksi di tubuhnya entah berupa kenaikan tekanan darah, detak jantung, dan pelepasan hormon stres," terang Professor Andrew Steptoe, ahli psikologi dan epidemiologi dari University College London. 

"Pelepasan hormon stres yang disebut dengan kortisol ini membuat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau membuat insulin menjadi tidak sensitif terhadap zat gula. Akibatnya zat gula akan masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan diabetes," Naveed Sattar, profesor kesehatan dari University of Glasgow menambahkan.

Dari berbagai sumber