Latihan vestibular untuk mengatasi vertigo

Latihan vestibular untuk mengatasi vertigo

Anda termasuk orang yang anti obat ? Atau kurang suka dengan konsumsi obat ? Nah beruntung anda membaca artikel ini. Berikut ini akan coba kita bahas mengenai tentang latihan untuk mengatasi vertigo tanpa obat. Latihan ini bisa dilakukan seorang diri atau bersama - sama. Latihan ini membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan pada penyakit vertigo. Latihan ini disebut dengan latihan Vestibular. Mari kita pelajari bersama. 

Berikut langkah - langkah latihan vestibular :
1. Berdiri tegak, buka mata lalu tutup mata. Ulangi langkah ini sampai 5 kali. 
2. Gerakanlah kepala berputar. Pasang dagu ke bagian dada, lalu putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lalu lakukan sebanyak 3 kali.
3. Gerakkan wajah menghadap ke atas, lalu turun secara perlahan lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi dan menghadap ke atas perlahan lahan. Dan lakukanlah sebanyak 3 kali.
4. Mulailah gerakan kepala miring, yaitu dengan cara letakkan telinga bagian kiri ke bahu sebelah kiri. Tahan disitu sampai 15 detik. Jika sudah  lakukan hal yang sama pada telinga kanan. Ulangi masing - masing telinga 3 kali.
5. Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu kemudian berdiri. Nah, pada saat berdiri, lalu tutup mata anda. Ulangi sebanyak 3 kali.
6. Latihlah bola mata anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan kondisi mata terbuka. Ulangi setiap arah masing - masing 3 kali. Lalu lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke arah atas dan bawah secara vertikal.
7. Lakukan praktek otot mata dengan cara mengikuti arah benda yang bergerak, lalu fokuslah pada benda yang stasioner.

Nah itulah beberap latihan sederhana untuk mengatasi vertigo. Awalnya mungkin sulit dan kaku. Namun jika sudah dilakukan berkali - kali pasti akan terbiasa. Dan sakit vertigopun akan mereda. 

Dari berbagai sumber