BEBERAPA JENIS KANKER DARAH YANG WAJIB ANDA KETAHUI


Kanker Darah atau yang dikenal juga dengan sebutan leukemia adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Leukemia biasanya melibatkan sel-sel darah putih.

Secara umum, sel darah putih berperan dalam sistem daya tahan tubuh. Pada orang normal, sel darah putih diproduksi oleh sumsum tulang dan terdapat regenerasi sesuai dengan masa hidup sel tersebut.

obat herbal kanker darah alami
Namun, pada penderita kanker darah, sumsum tulang memproduksi sel darah putih tertentu dalam jumlah yang abnormal, yang menyebabkan peningkatan kadar sel darah putih jenis tersebut.

Ada beberapa jenis kanker darah. Berdasarkan perjalanan penyakitnya, leukemia dibagi menjadi akut dan kronis. Kanker darah akut dapat terjadi secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat. Sementara itu, kanker darah kronis terjadi secara perlahan dan gejala awal yang timbul tampak ringan.

Kanker darah juga dapat dibagi berdasarkan sel darah putih yang mengalami produksi abnormal. Kanker darah yang melibatkan produksi abnormal dari sel darah putih mieloid dinamakan leukemia mielositik. Sedangkan, kanker darah yang melibatkan produksi abnormal dari sel darah putih limfosit dinamakan leukemia limfositik.

Berdasarkan pengelompokkan tersebut, terdapat empat tipe utama kanker darah yang paling sering terjadi, yaitu:

Leukemia limfositik akut
Jenis kanker darah ini sering ditemukan pada anak-anak, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa.

Leukemia mielositik akut
Jenis kanker darah ini ditemukan pada orang dewasa, tetapi dapat juga dialami anak-anak.

Leukemia limfositik kronis
Jenis kanker darah ini ditemukan pada orang dewasa maupun anak-anak. Umumnya tidak menunjukkan gejala selama tahun-tahun pertama.

Leukemia mielositik kronis
Jenis kanker darah ini ditemukan pada orang dewasa. Dapat tidak menunjukkan gejala selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sebelum memasuki fase di mana sel terproduksi dengan lebih cepat.