Apa itu kanker Prostat ?

Apa itu kanker Prostat ?

Kanker prostat adalah suatu tumor yang sangat ganas yang tumbuh pada bagian tubuh kita yaitu prostat, kelenjar seukuran kacang yang letaknya di bawah kandung kemih pria yang fungsinya adalah memproduksi cairan sperma. Sebagian kanker prostat itu tumbuh dengan waktu yang sangat lambat namun merupakan kanker ganas, dan dapat menyebar pada bagian tubuh lain seperti tulang dan kelenjar getah bening.  

Menurut data dari interim Singapore Cancer Registry, periode 2006 - 2010, kanker prostat merupakan kanker yang paling banyak ke-3 untuk pria di singapura, dengan 500 kasusu lebih setiap tahunnya dalam rentang waktu tersebut.  Data yang menakjubkan.


Pada kebanyakan kasus, tidak ada gejala yang terlihat jelas pada kanker prostat ini. 80% pria dengan usia 80 tahun ke atas itu terkena kanker ini. Karena dalam kebanyakan kasus, kanker tumbuh lambat sekali. Umumnya mereka meninggal akibat sebab lain, tetapi sebenarnya mereka terkena kanker prostat. Ini yang jarang diketahui.  

Saat gejala muncul pada stadium lanjut, yang akan dirasakan adalah hilangnya berat badan, sakit panggul, sakit punggung atau pinggul dan kesulitan BAK, ada rasa terbakar atau sakit ketika BAK atau terdapat darah pada urin.  

Dari berbagai sumber