Penilaian pada penyakit Kanker Prostat

Penilaian pada penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat dinilai berdasarkan sistem Gleason, yang mengukur tingkat organisasi sel kanker yang ada dengan menggunakan mikroskop. 

Grade 1 : Jaringan kanker akan nampak seperti jaringan prostat normal. Tidak ada gangguan apapun.
Grade 2 s.d 4 : Sebagian sel nampak seperti sel normal dan sebagian lagi nampak tidak normal. Dan diantara keduanya terdapat perbedaan yang nampak jelas.  
Grade 5 : Kanker dan pola pertumbuhannya tampak tidak normal sekali.  

Karena kanker prostat ini sei=ring memiliki area dengan nilai yang berbeda-beda, maka sebuah nilai ditentukan untuk 2 area di mana terdapat paling banyak sel kanker. Kedua nilai tersebut di atas alu dijumlahkan maka diperolah nilai Gleason dengan skala 2 s.d 10.  

Nilai Gleason kurang dari 6 menandakan kanker yang biasa. Tidak terlalu ganas. Sementara nilai Gleason 7 ke atas menandakan kanker yang ganas yang sangat agresif yang dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat.  

Dalam beberapa kasus, karena kanker prostat butuh waktu yang lama untuk tumbuh, maka pengobatan memiliki resiko tersendiri. Dokter saja dapat memilih untuk memonitor tumor dari pada mengobatinya segera. Hal ini wajar karena tergantung dari pengobatan terhadap beberapa faktor seperti stadium, gejala, umur serta kondisi umum dari pasien.  

Kami menyarankan anda mengonsumsi tanaman yang mengandung curcumin yang akan sangat membantu dalam menangani kanker prostat. Salah satu tanaman yang mengandung curcumin adalah Kunir Putih. Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber