Tips menurunkan kolesterol

Tips menurunkan kolesterol

Tips menurunkan kolesterol - Apakah anda termasuk orang yang kadar kolesterolnya tinggi ? Awas hati - hati. Jangan dibiarkan. Berbahaya. Nah, berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. 

Berjalan - jalan  
Jika anda bukan orang yang suka olahraga maka anda dapat jalan - jalan. Suatu hal yang mudah namun sangat bermanfaat. Dengan berjalan kaki maka akan menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung sekaligus membantu menurunkan BB serta tentunya menjaga tulang tetap kuat. Berjalanlah 10 menit setiap pagi hari. Gunakan sepatu yang nyaman. Lakukan secara rutin. 

Lakukanlah olahraga atau aktifitas fisik
Nah bagi anda yang gemar berolahraga atau aktifitas fisik maka selamat. Beruntunglah anda. Karena dalam setiap aktifitas fisik maka akan menyebabkan jantung anda menjadi sehat. Lakukanlah aktifitas ringan seperti berkebun, menari, berjalan di tangga, naik sepeda, menggendong bayi, menyapu atau mengepel lantai, mencuci baju mengunakan tangan dsb.  

Kendalikan kadar kolesterol dalam tubuh anda
Jika anda termasuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka anda harus memiliki strategi khusus untuk menurunkannya. Anda harus atur jadwal agenda penurunan kadar kolesterol anda. Mulai dari menurunkan BB, olahraga teratur, atau mungkin minum obat penurun kolesterol. Atau hal hal lain yang mungkin anda lakukan agar anda tetap terjaga kadar kolesterolnya.  

Perhatikan dan cermat diri ketika makan di luar
Hati - hati dengan makanan yang berada di luar. Biasanya kandungan kolesterol dan lemaknya tidak diatur. Berikut ini hal yang perlu anda perhatkan :

Pilih makanan yang dikukus, dipanggang atau di oven. Hindari makanan yang digoreng.  
Letakkan saos di pinggir makanan.  
Kontrol porsi makan. Jika terlalu banyak mintalah untuk dibungkus setengah porsinya.
Lebih memperhatikan label gizi sangat penting untuk pola  makan rendah kolesterol dan jantung sehat. 

Kurangi hal hal yang membuat anda stress
Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Dan penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa orang, stres mungkin dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol. Kurangi tingkat stres Anda dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara pengurang stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

Selalu dengar apa kata dokter
Mengelola kolesterol anda merupakan proses seumur hidup. Temui dokter Anda secara teratur untuk mengawasi kesehatan Anda. Ikuti rekomendasi dokter anda mengenai pola makan, olahraga, dan pengobatan. Dengan kerjasama Anda dan dokter Anda, maka Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga jantung Anda tetap kuat.

Dengan melakukan hal-hal di atas, maka dimungkinkan anda akan terbebas dari penyakit kolesterol. Namun jika kolesterol dalam tubuh anda tidak kunjung menurun, Kami sarankan mengonsumsi tanaman yang mengandung curcumin.  Yang akan membantu menurunkan kolesterol.  Curcumin terkandung di beberapa tanaman salah satunya adalah kunir putih. Silahkan mencoba. 

dari berbagai sumber