Cara mudah mengobati maag

Cara mudah mengobati maag

Apakah anda sering mengalami penyakit maag? Bila anda sedang mengalami penyakit maag maka jangan terlalu khawatir. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan. Cara-cara mudah untuk mengobati penyakit maag dapat kita lakukan dengan :

- Jalani program diet khusus agar maag bisa reda   

- Minumlah obat maag yang diberikan oeh dokter secara rutin dan teratur sesuai dosisnya. Jangan hentikan obat sebelum penyakit maag anda benar – benar sembuh. 

- Bijak dalam memilih makanan. Jika anda sering mengaami maag, maka sudah saatnya anda beralih ke makanan yang tidak terlampau berat/ padat bumbu dan rempah. Misalnya roti panggang dan lainnya. Hindari makanan ini atau minimal dikurangi.   

- Atur porsi makan anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas perut. Sepertiga untuk makan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk angin. Jangan terlampau banyak. Karena dapat mengakibatkan maag. Sedikit tapi sering lebih baik dari pada sekali tapi banyak/berlebih.

- Jauhi makanan pedas. Jika ingin pedas usahakan jangan terlampau pedas. Ini hanya untuk sementara waktu saja. Jika maag sudah sembuh silahkan kembali makan pedas secukupnya.

- Hindari buah-buahan dengan kadar asam tinggi seperti anggur.

- Hindari minuman atau makanan yang terkandung di dalamnya alkohol, soda, kafein dan zat lainnya yang membahayakan tubuh. 

- Jika perut mulai merasa lapar segeralah untuk menyantap makanan. Jangan biarkan terlampau lama perut yang kosong karena akan rawanterkena maag. Makanlah secara rutin.

- Istirahat dan tidur yang cukup dan efektif.

- Berusaha hindari stress. Nikmati dan syukuri hidup anda. Sabar dengan segala ujian hidup.

Memang secara umum penyakit maag adalah penyakit ringan, namun kalau sering terjadi dan dibiarkan akan membahayakan jiwa kita. Untuk itu mari kita cegah penyakit ini dengan cara pola hidup sehat, olahraga teratur, istirahat yang berkualitas dan berusaha menghindari hal – hal yang tadi sudah dibahas. Demikian semoga bermanfaat.  

Dari berbagai sumber