BEDA KANKER, TUMOR DAN KISTA

BEDA KANKER, TUMOR DAN KISTA


Mungkin sebagian dari kita belum begitu faham tentang beda kanker, tumor maupun kista. di sini kami akan menjelaskan secara ringkas apa yang disebut dengan kanker, tumor dan kista.

Tumor adalah kelainan yang terjadi pada sel jaringan tubuh manusia. kelainan ini berupa kerusakan yang terjadi dalam sel itu sendiri. dengan adanya kerusakan sel, maka akan menimbulkan ketidaknormalan berupa pertumbuhan sel dalam jaringan tubuh manusia yang secara kasat mata nampak dengan timbulnya benjolan.

kerusakan jaringan sel sendiri ada yang semakin bertumbuh atau menyebar ke jaringan yang lain bahkan merusak jaringan sehat lainnya ( disebut metastasis ), namun ada juga yang hanya menyerang di area tertentu dengan waktu pertumbuhan terbatas. dua hal inilah yang membedakan antara tumor ganas dan tumor jinak.

Tumor ganas yang banyak merenggut nyawa manusia ini juga disebut kanker ( silahkan baca tentang kanker ). secara sifat, tumor ganas/ kanker ini akan semakin menyebar/ meluas ke jaringan tubuh lainnya dengan seiring berjalannya waktu apabila persebarannya tidak dihambat. inilah yang menyebabkan seseorang yang sudah terindikasi mengidap kanker dan menyebar ke seluruh tubuhnya akan 'sulit' untuk ditangani/ disembuhkan, kecuali dengan penanganan yang intensif dan mendalam.

Sedangkan tumor jinak, tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kehidupan penderita. maksudnya, tumor jinak lebih mudah untuk ditangani dengan jalan pengangkatan sel yang tumbuh tersebut ( operasi ) maupun merusak jaringan yang rusak tersebut lewat dalam ( dengan konsumsi obat sintetis/ herbal ).

Dengan pengertian ini, maka setiap tumbuhnya sel yang tidak normal pada tubuh manusia bisa disebut sebagai tumor. tinggal apakah tumor itu jinak atau ganas, ini bisa diketahui dengan jalan biopsi/ pemeriksaan secara mikroskopis pada jaringan tubuh manusia.
kista adalah termasuk juga tumor dengan sifat jinak, karena tumor ini tidak akan menyebar ke jaringan yang lain. kista berbentuk cairan yang dibungkus selaput semacam jaringan ( semacam kantong ). cairan ini bisa berupa darah, nanah, udara maupun bahan lainnya. semakin banyak sel tumor yang diproduksi, kantong kista ini akan semakin membesar.

Ada 2 jenis kista : kista neo plastik dan non-neoplastik. kista non-neoplastik sifatnya jinak dan akan mengempis sendiri setelah 2 atau 3 bulan. sedangkan kista neoplastik, akan semakin membesar. pada wanita hamil, pembesaran kista inilah yang akan membahayakan si ibu. pertama jika kantong kista ini terpelintir, maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan bisa mengakibatkan keguguran. ini terjadi karena fisik dan psikis si ibu yang mengalami shock, sehingga membahayakan si janin. kedua, jika kista semakin besar, kemungkinan akan bisa menghambat jalan keluar dari si bayi yang akan lahir. dan jika ini terjadi, jalan  yang bisa ditempuh untuk mengeluarkan bayi adalah dengan jalan operasi caesar.

Dengan penjelasan diatas, jelaslah sudah bahwa yang paling membahayakan jiwa manusia adalah jenis tumor ganas yang disebut kanker. sedangkan tumor jinak semisal kista, amandel,kutil ( ini termasuk tumor juga lho ) dan pembengkakan bagian tubuh akibat tumbuhnya sel yang abnormal secara umum  tidak membahayakan jiwa penderita. namun begitu, adanya tumor yang tidak diantisipasi/ diobati tidak menutup kemungkinan menjadi tumor ganas pula.

Oleh karenanya, selain pencegahan dengan menghindari pola hidup yang tidak sehat ( makanan atau kebiasaan hidup lainnya ) serta mengkonsumsi makanan2 sumber antioksidan, pengobatan terhadap tumor jinak apalagi ganas harus segera dilakukan untuk mencegah timbulnya bahaya yang lebih besar, baik dengan pengobatan medis ( dengan segala resikonya : biaya, kesehatan dll ) maupun pengobatan herbal/ alami semisal kunyit / kunir putih untuk memblokir dan membunuh sel kanker, yang insya alloh juga banyak yang telah membuktikan khasiatnya.

Semoga bermanfaat

Dari berbagai sumber