HATI-HATI, KEPUTIHAN SALAH SATU PERTANDA KANKER SERVIKS

Keputihan sangat erat kaitannya dengan wanita, Namun tidak semua keputihan merupakan ganguan pada system reproduksi wanita, ada 2 jenis keputihan yang harus kita ketahui, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan Membahayakan (patologis).

Pada umumnya keputihan normal terjadi ketika masuk masa-masa subur seperti, Sebelum Haid, setelah haid, keputihan saat hamil muda, dan banyak melakukan aktifitas fisik.

Sebenarnya apa Penyebab keputihan Nah, Pada artikel ini kami akan membahas secara detail tentang penyakit yang menjadi salah satu indikator seorang Wanita terkena kanker serviks.

Baca juga :  perbedaan kanker, tumor dan kista

Penyebab Keputihan secara umum  terjadi dikarenakan beberapa factor:

penyebab keputihan


1. Jamur candida Albicans, jamur ini dapat menyebabkan keputihan gatal pada area vulva. Keputihan yang diakibatkan oleh jamur memiliki ciri berwarna putih susu, kental, berbau dan  gatal. Bahkan pada kondisi tertentu, menyebabkan kemerahan dan membahayakan bagi ibu yang sedang hamil. Keputihan ini akan berefek negative bagi kesehatan janin didalam kandungan.

2. Parasit trichomonas vaginalis, keputihan ini dapat ditularkan ketika berhubungan intim, Perlengkapan mandi bersama, koslet umum atau menggunakan celana dalam penderita. Kondisi ini ditandai dengan keputihan yang amat kental, keputihan berwarna kuning, berbuih dan berbau anyir. Meskipun tidak menimbulkan gatal, keputihan yang disebabkan parasite ini, sipenderita akan mengalami nyeri pada miss v jika ditekan.

3. Bakteri Bacterial Vaginosis, Keputihan jenis ini akan mengakibatkan penderita mengalami gatal dan keputihan yang berwarna  colklat abu abu serta berbuih. Berhati hatilah jika anda menderita keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini, karena ini merupakan pertanda terjadinya penyakit kelamin.

Keputihan dan Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan penyakit yang sangat menakutkan pada wanita. Bahkan kanker serviks dapat menyebabkan kematian pada wanita. Penyebab Kanker serviks adalah infeksi virus yaitu human papilloma virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Penyebaran dari virus dapat melalui wanita yang berganti-ganti pasangan.

Kanker serviks tidak memiliki gejala sama sekali bahkan baru diketahui apabila sudah memasuki stadium lanjut dan menimbulkan keluhan pada wanita yang terinfeksi. Salah satunya adalah munculnya keputihan. Keputihan dapat menjadi salah satu tanda kanker serviks pada wanita pada awal tahapannya.

Baca juga : Buat sendiri Herbal alami penghilang keputihan dirumah anda

Keputihan yang dianggap sebagai hal yang biasa pada perempuan, yaitu keputihan yang berwarna bening dan tidak mengalami bau sedangkan pada penderita kanker serviks maka keputihan jumlah yang banyak, menimbulkan warna seperti kekuningan hingga keabu-abuan. Wanita yang mengalami keputihan sebagai tanda kanker serviks maka akan berbau seperti bau anyir dan bau amis yang kemudian menimbulkan rasa gatal pada area wanita. Keputihan semakin berbahaya maka akan menyebabkan adanya bercak darah.

Apabila ditemukan keputihan seperti kondisi diatas sebaiknya di konsultasikan pada dokter. Deteksi dini kanker serviks sangat membantu dalam upaya pengobatan sehingga sel kanker tidak menyebar di area serviks.

sumber : bidanku com