PERBEDAAN KANKER, TUMOR, KISTA SECARA MEDIS

Masih banyak masyarakat belum begitu faham tentang beda Kanker, Tumor maupun Kista. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara ringkas apa itu tumor, kanker, dan kista.


Tumor merupakan kelainan yang terjadi pada jaringan sel tubuh manusia. kelainan ini berupa kerusakan yang terjadi dalam sel itu sendiri. kerusakan sel ini akan menimbulkan pertumbuhan sel yang abnormal dalam jaringan tubuh manusia yang secara kasat mata nampak dengan timbulnya benjolan.



kerusakan jaringan sel akan berpotensi untuk menyebar ke jaringan yang lain bahkan merusak jaringan sehat lainnya ( metastasis ), namun ada juga yang hanya menyerang di area tertentu dengan waktu pertumbuhan terbatas.Dua hal inilah yang membedakan antara tumor ganas dan tumor jinak.



kunir putih curcuval dp

Tumor Ganas ada kemiripan dengan kanker ( silahkan baca tentang kanker ). secara sifat, tumor ganas/ kanker ini dapat dengan cepat menyebar apabila dalam tubuh kita tidak ada proses penghambatan, inilah yang menyebabkan seseorang yang sudah terindikasi mengidap kanker dan menyebar ke seluruh tubuhnya akan 'sulit' untuk ditangani/ disembuhkan, kecuali dengan penanganan yang intensif dan mendalam.


Sedangkan Tumor Jinak, penyebaran sel tumornya tidak terlalu signifikan, artinya proses penyeberannya bisa dikatakan lambat. Tumor jinak lebih mudah untuk ditangani dengan jalan pengangkatan sel yang tumbuh tersebut ( operasi ) maupun merusak jaringan yang rusak tersebut dari dalam, dengan konsumsi obat obatan kimia sintetis maupun herbal.

dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa setiap tumbuhnya sel yang tidak normal pada tubuh manusia bisa disebut sebagai tumor. tinggal apakah tumor itu jinak atau ganas, ini bisa diketahui dengan jalan biopsi/ pemeriksaan secara mikroskopis pada jaringan tubuh manusia.

kista termasuk juga dalam jenis tumor jinak, karena tumor ini tidak dapat menyebar ke jaringan lain. kanker jinak ini berbentuk cairan yang dibungkus selaput semacam jaringan ( kantong ). cairan ini bisa berupa darah, nanah, udara maupun bahan lainnya. semakin banyak sel tumor yang diproduksi, kantong kista ini akan semakin membesar.


Ada 2 jenis kista : kista neo plastik dan non-neoplastik. kista non-neoplastik sifatnya jinak dan dapat mengempis sendiri setelah 2 atau 3 bulan. sedangkan kista neoplastik, akan semakin membesar. pada wanita hamil, pembesaran kista inilah yang akan membahayakan si ibu. pertama jika kantong kista ini terpelintir, maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan bisa mengakibatkan keguguran. kasus seperti ini dapat terjadi karena fisik dan psikis si ibu yang mengalami shock, sehingga membahayakan si janin. kedua, jika kista semakin besar, dapat menghambat proses kelahiran bayi. dan jika ini terjadi, jalan  yang bisa ditempuh untuk mengeluarkan bayi adalah dengan jalan operasi caesar.


Dengan penjelasan diatas, jelaslah sudah bahwa yang paling membahayakan jiwa masusia adalah jenis tumor ganas yang disebut kanker. sedangkan tumor jinak semisal kista, amandel,kutil ( ini termasuk tumor juga lho ) dan pembengkakan bagian tubuh akibat tumbuhnya sel yang abnormal secara umum  tidak membahayakan jiwa penderita. namun begitu, adanya tumor yang tidak diantisipasi/ diobati tidak menutup kemungkinan menjadi tumor ganas pula.


Oleh karenanya, selain pencegahan dengan menghindari pola hidup yang tidak sehat ( makanan atau kebiasaan hidup lainnya ) serta mengkonsumsi makanan2 sumber antioksidan, pengobatan terhadap tumor jinak, apalagi ganas harus segera dilakukan untuk mencegah timbulnya bahaya yang lebih besar, baik dengan pengobatan medis ( dengan segala resikonya : biaya, kesehatan ) maupun pengobatan herbal/ alami yang insya alloh juga banyak yang telah membuktikan khasiatnya.