KANDUNGAN ZAT AKTIF KUNYIT PUTIH MANGGAVAL



Kunyit Putih jenis mangga val Merupakan jenis kunir yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding kuyit jenis lainnya. berwarna kuning muda dan beraroma seperti mangga, tanaman ini memiliki daun antara 3-10 helai, panjang tangkai 20-50cm, panjang daun 20-70cm, lebar daun 10-30cm, dan pertulangan daun seperti sirip ikan. Tangkai dan daun berwarna hijau, sedangkan rimpang (batang tubuh yang mejalar di bawah tanah) berbentuk bulat dan mudah di patahkan. 

   
                                    


Temu Mangga (Curcuma Mangga) mengandung zat warna kurkumin (diarilheptanoid), minyak atsiri, selain itu juga mengandung flavonoid, sulfur, gum, resin, tepung, dan sedikit lemak. Kunir putih (Curcuma Mangga) memiliki rasa yang pedas, hangat, dan memiliki bau yang aromatik.

Rimpang kunir putih (Curcuma Mangga) memiliki beberapa peran penting dalam pengobatan beberapa penyakit, antara lain: antikanker, antiradang (antiflogistik), melancarkan aliran darah, tonik pada saluran cerna, peluruh haid (emenagog) dan peluruh kentut. Selain itu berkhasiat untuk mengatasi memar, luka, keseleo, terantuk, terpukul, bisul (furunculus), bengkak, rematik, pegal linu, sengatan kalajengking atau ular (penawar racun/bisa), memulihkan tenaga sehabis melahirkan, menambah nafsu makan,menghilangkan nafas bau, cacingan, ambeien (hemorrhoids), demam, sakit gigi, jantung koroner, TBC,  asma, radang saluran nafas (bronchitis), mencegah pembengkakan limpa dan mencegah kanker servik . Khasiat lainnya yaitu sebagai antiinflamasi, analgesik, antimikroba dan antikanker. Rimpang kunir putih (Curcuma Mangga) dapat berkhasiat sebagai anti kanker, hal ini dapat diperoleh dari ekstrak etanol zat warna kuning kurkumin (demetoxycurcumin) pada rimpang kunir putih (Curcuma Mangga.

Kunyit putih (Curcuma Mangga) juga memiliki kandungan RIP (Ribosome Inacting Protein), zat antioksidan, dan zat antikurkumin. RIP dapat menonaktifkan pertumbuhan sel kanker, meluruhkan sel  kanker  tanpa merusak  jaringan  di  sekitarnya,  dan memblokir pertumbuhannya. Zat antioksidan   berfungsi mencegah  kerusakan  gen,  sementara  zat  antikurkumin berkhasiat sebagai antiradang.

Ternyata Kandungan & Khasiat yang ada dalam kunyit putih sangat banyak ya, padahal masih banyak masyarakat yang belum tahu khasiat herbal yang satu ini. Yuukk share artikel bermanfaat ini kepada saudara saudara kita yang masih belum tahu khasiat kunir putih ini.