INI LOH CIRI KEPUTIHAN SEHAT

INI LOH CIRI KEPUTIHAN SEHAT - Keputihan memiliki manfaat untuk membersihkan, membasahi vagina, dan melindungi vagina. Keputihan normal akan bertambah banyak pada kondisi saat gairah seksual meningkat, saat siklus ovulasi, saat olahraga, saat menggunakan pil KB, dan juga saat stres emosional.

Namun, keputihan juga bisa jadi tidak normal, yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Contohnya, infeksi bakteri, infeksi trichomoniasis, infeksi jamur, infeksi dari penyakit menular seksual. Nah, untuk membedakannya, Anda dapat memerhatikan beberapa tanda-tandanya bagaimana jenis keputihan yang normal.

Apa saja ciri-ciri keputihan normal?
Ciri keputihan normal dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu:

1. Warna
Warna keputihan yang normal adalah berwarna putih jernih, dan akan terlihat kekuningan ketika mengering. Jika di luar warna ini, bisa jadi sebagai tanda adanya gangguan pada kesehatan Anda, seperti pertanda terjadinya infeksi atau iritasi.

2. Aroma
Keputihan yang normal tidak menimbulkan aroma yang berarti. Tidak ada bau amis ataupun busuk. Jika tercium bau amis atau busuk, ini bisa menandakan keputihan Anda justru tidak normal.

3. Tekstur
Tekstur keputihan yang normal bervariasi, bisa seperti pasta, atau agak lengket dan elastis. Ini tergantung tubuh Anda, sedang dalam siklus menstruasi apa, dan apa yang memicu pengeluaran keputihan ini. Yang jelas teksturnya tidak menggumpal atau timbul tekstur berbusa.

4. Jumlah
Jumlah keputihan yang normal bisa bervariasi, dari sedikit atau cukup banyak. Biasanya para wanita akan cukup banyak mengalami keputihan saat memasuki fase ovulasi.  Menentukan apakah keputihan Anda normal atau tidak berdasarkan jumlahnya saja ini cukup sulit, sehingga perlu dilihat gejala lainnya.

Baca juga : keputihan sebagai tanda kanker serviks

Jika keputihan mendadak banyak dan ada gejala lain yang Anda rasakan, seperti rasa nyeri di perut yang luar biasa, Anda perlu hati-hati. Namun jika tidak disertai gejala lain, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Selama warna, aroma, dan teksturnya masih dalam kategori normal ini biasanya aman. Sebab, jumlah keputihan ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor hormonal.

sumber : hellosehat com

testimoni di buku Lebih Sehat dengan Kunir Putih